Rabu, 05 Mei 2010

Cara Olah tubuh Untuk Ibu Hamil

Delicious Digg StumbleUpon Reddit Subscribe to RSS Feed

AGAR tubuh tetap prima dan persalinannya lancar, ibu hamil (bumil) harus menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan melakukan senam hamil secara rutin.

Berbagai jenis senam hamil kini terus berkembang. Selain senam pilates ada juga senam hamil yophytta materna. Seperti senam hamil lainnya, yophytta materna juga memiliki gerakan dasar senam yang ringan, mengingat bumil butuh kehati-hatian dalam melakukan beragam gerakan.
Tapi senam ini memiliki kelebihan dibanding jenis senam hamil lainnya. Instruktur yophytta maternal, Arsaningsih Amd, SE mengatakan bahwa senam hamil Yophytta Materna merupakan suatu perpaduan gerakan harmonis dari yoga, pilates, hipnoterapi serta tai chi.

"Perpaduan gerakan harmonis
dari yoga, pilates, hipnoterapi serta tai chi akan tergabung dan menyatu menjadi senam senam khusus ibu hamil yophytta materna dan pastinya banyak memberi manfaat," ungkapnya. Yoga merupakan sistem kesehatan yang bersifat holistik baik jiwa, pikiran dan tubuh yang dilakukan dengan sistem gerak yang halus tidak menghentak dengan paduan pernafasan yang harmonis.

Pilates adalah serangkaian perpaduan gerak dari kebijaksanaan kuno dan modern yang memberikan kontrol penuh pada tubuh, pikiran dan jiwa yang dilakukan dengan gerak nafas. Sementara hipnoterapi merupakan sebuah terapi pola pikir dengan menggunakan kata-kata yang dapat mengubah mood. Terapi ini dilakukan dengan mengkondisikan mental dan fisik agar bisa fokus, rileks, yakin, tenang dan aman dan semuanya dalam keadaan sadar sepenuhnya.

Pada saat hipnoterapi dilakukan, instruktur senam menyugesti bahwa di dalam perut ibu hamil yang melakukan senam terdapat jiwa yang kelak berkembang menjadi anak yang dinanti. Sugesti inilah yang kemudian membuat bumil merasa lebih tenang dan nyaman.

"Menghilangkan rasa cemas atau takut saat hamil, adalah tujuan dari dilakukannnya sesi ini. Karena tidak sedikit calon ibu yang stres saat hamil. Jika ibu sehat dan tenang saat melahirkan, bayi yang dilahirkan pun nantinya akan sehat, tuturnya saat menghadiri acara bertema "Kiat Mendapatkan si Kecil yang Sehat dan Cerdas" dan "Senam Hamil Yophytta Materna" yang diadakan oleh PT Fonterra Brands Indonesia.

Selain itu, senam ini juga menggabungkan gerakan tai chi. Di mana gerakan tai chi merupakan olahraga yang memadukan gerakan yang membutuhkan konsentrasi penuh dengan mengatur sistem pernafasan bersifat lembut untuk menghasilkan energi yang positif.

"Gerakan perpaduan yoga, pilates, hipnoterapi, maupun tai chi merupakan olahraga yang kesemua tekniknya didasarkan pada pernafasan," tandasnya.

Dijelaskan Arsaningsih bahwa senam tersebut juga terbagi-bagi menjadi beberapa sesi, yaitu sesi relaksasi, peregangan, dan pelaksanaan gerakan-gerakan inti yang melatih otot-otot dasar panggul. Ibu hamil yang melakukan senam, harus memperhatikan juga sikap tubuh yang benar ketika duduk, bangkit dari duduk, dan berdiri saat hamil.

"Sesi relaksasi ini lah yang juga banyak memberikan manfaat untuk ibu hamil. Saat ibu duduk bersila dan menutup mata sambil mengatur pernapasan dengan iringan musik yang lembut serta menenangkan, maka saat itu pula ibu merasakan ketenangan dan memberi kenyamanan untuk janin," paparnya.

Arsaningsih menyarankan bahwa senam hamil Yophytta Materna bisa dilakukan kapan saja, dan bisa dimulai saat umur kehamilan tiga bulan dalam keadaan apabila tidak ada masalah, karena semua gerakan pada bukanlah senam yang membahayakan. "Senam hamil ini dapat dilaksanakan oleh ibu yang dinyatakan sehat secara medis, dan minimal dilakukan pada usia kehamilan lima bulan," ucapnya.

Senam hamil yophytta materna punya banyak perbedaan dengan senam hamil yang lain. Dalam senam hamil biasa, tekanan hanya pada gerakan fisik saja. Sedangkan dalam yophytta materna, gerakan yang ada merupakan gabungan fisik, mental dan spiritual. Senam diawali dengan gerakan relaksasi agar pikiran maupun tubuh bisa rileks.

"Gerakan-gerakan yang dilakukan secara benar dapat membantu ibu hamil tetap bugar, tenang dan nyaman," ucapnya. Dengan melakukan senam hamil ini secara teratur, tubuh menjadi sehat, bugar dan dapat mempermudah proses persalinan. Di samping itu, senam ini juga dapat meningkatkan kepercayaaan diri semasa proses kehamilan dan setelah melahirkan sehingga bayi akan lahir, tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Selain itu, senam yophytta bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif, menjaga kestabilan emosi, menghilangkan stres, mengurangi keluhan yang muncul selama hamil (sakit pinggang, nyeri sendi, termasuk morning sickness).
"Senam ini memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang berperan pada kehamilan dan persalinan, meningkatkan rasa percaya diri dan yang paling penting dengan senam ini ikatan ibu dan bayi semakin meningkat sehingga ibu selalu merasa bahagia," ungkapnya.

Selain untuk mempermudah kehamilan, senam ini juga bisa melahirkan energi positif saat menghadapi saat-saat melahirkan. Dimana dalam hal kejiwaan, ibu hamil memang membutuhkan ketenangan untuk bisa melahirkan energi positif. "Ibu hamil sangat membutuhkan kondisi jiwa yang tenang karena sangat berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya," tutur ahli kejiwaan dari Rumah Sakit Internasional Omni Alam Sutera Tangerang, Dr Andri SpKJ.

Andri menuturkan, saat hamil usahakan bumil mendapat dukungan moral, baik dari suami maupun keluarga yang lain. Karena jangan sampai ibu hamil mengalami stres yang bisa menimbulkan kejadian bayi lahir dengan berat badan yang rendah.
tanda tangan

0 comments:

Posting Komentar

Baca Juga Artikel selanjutnya Related Posts with Thumbnails
 

Tips Kesehatan Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha